Jumat, 02 Januari 2015

Karangan Ilmiah









I.          Pengertian
Menurut Brotowidjoyo karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Karangan ilmiah atau biasa juga disebut karya ilmiah dapat juga berarti tulisan yang didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Karangan ilmiah atau dalam bahasa Inggrisnya scientific paper adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh sesorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah atau etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.
Ciri-ciri dari karya ilmiah antara lain: objektif, netral, sisetamatis, logis, menyajikan fakta, tidak pleonatis, dan menggunakan ragam bahasa baku. Adapun syarat karya ilmiah antara lain sebagai berikut.
a.       Karya ilmiah memuat gagasan ilmiah lewat pikiran, dan alur pikiran;
b.    Keindahan karya ilmiah terletak pada bangun pikir dengan unsur-unsur yang menyangganya;
c.       Alur pikiran dituangkan dalam sistewmatika dan notasi;
d.      Karya ilmiah terdiri dari unsur-unsur kata, angka, tabel, gambar, yang tersusun mendukung alur pikir yang teratur;
e.       Karya ilmiah harus mampu mengekspresikan asas-asas yang tekandung dalam hakikat ilmu dengan mengindahkan kaidah-kaidah kebahsaan;
f.       Karya ilmiah terdiri atas serangkaian narasi, eksposisi, deskripsi, dan argumentasi.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa karangan atau karya ilmiah ialah karangan yang ditulis berdasarkan pengamatan dan observasi yang memaparkan fakta hasil penelitian dan pengkajian yang ditulis secara sitematis dengan bahasa yang santun dan benar serta dapat dipertanggungjawabkan.

II.          Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan karangan atau karya ilmiah antara lain sebagai berikut.
a.       Sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitian dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis;
b.      Menumbuhkan etos ilmiah dikalangan pelajar sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi produsen pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan;
c.       Karangan atau karya ilmiah yang ditulis diharapkan menjadi wahana transformasi ilmu pengetahuan bagi pembaca dan masyarakat.

III.          Ragam Karangan Ilmiah
Ragam karya ilmiah antara lain karya tulis, makalah, artikel, laporan penelitian atau praktikum, dan jurnal penelitian.
a.       Karya tulis, ialah karya ilmiah berisi ringkasan atau resume dari suatu mata kuliah tertentu atau ringkasan suatu ceramah yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswanya.
b.      Makalah, ialah karya ilmiah yang berisi uraian dari topik yang membahas suatu permasalahan yang biasanya akan disampaikan dalam forum dan disusun berdasarkan sistematika penulisan yang berlaku.
c.       Arikel, ialah karya ilmiah yang memaparkan suatu topik tertentu dan disajikan atau ditulis dalam bentuk paragraf-paragraf.
d.      Laporan penelitian atu praktikaum ialah karya tulis yang menyajikan laporan hasil penelitian tertentu dan disajikan secara relatif singkat berdasarkan hasil penelitian.
e.       Jurnal penilitian, ialah buku yang terdiri dari asal penelitian dan resensi buku. Penelitian jurnal ini harus teratur, berkelanjutan dan mendapatkan nomor dari perpustakaan nasional berupa ISSN.
Selain beberapa ragam diatas, di perguruan tingi kita juga mengenal adanya skripsi untuk jenjang S1, thesis untuk jenjang S2, dan disertasi untuk jenjang S3, yang merupakan ragam karya ilmiah pendidikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar