Menurut Dr. Sedarmayanti, M.Pd. Dalam bukunya
Manajemen Perkantoran. Asas-asas Pokok
Pengorganisasian adalah sebagai berikut:
a. Asas Pembagian Tugas
Asas dalam pembagian
tugas menentukan perlunya tugas untuk
dibagi habis sehingga dapat dijamin adanya
bagian yang
bertanggung jawab dalam menyelenggarakan tugas
termaksud.
Oleh karena itu maka perlu adanya perumusan
tugas yang jelas
sehingga dapat dicegah duplikasi, benturan dan
kekaburan.
b. Asas Fungsionalisasi
Asas ini menentukan bahwa dalam penanganan
suatu masalah dan dalam rangka mewujudkan koordinasi yang mantap antar
kegiatan, maka bagian fungsional berkewajiban memprakarsainya.
c.
Asas Koordinasi
Asas ini menekankan perlunya setiap bagian menserasikan,memadukan dan
menyelaraskan baik dalam kegiatan, waktu,maupun perumusan kebijakan serta pengawasan, pemrogramandan penganggaran,
pengendalian serta pengawasan tugas dan fungsi yang diembannya.
d.
Asas Kesinambungan
Asas kesinambungan mengharuskan bahwa
tugas-tugas harus berjalan secara terus menerus sesuai dengan kebijakan dan
program yang telah ditetapkan,
tanpa tergantung pada diri pejabat tertentu.
e.
Asas Akrodion
Asas akrodion menentukan bahwa organisasi
dapat berkembang atau mengecil sesuai dengan tuntutan tugas dan beban kerjanya.
f.
Asas Pendelegasian Wewenang
Asas ini mengharuskan setiap pimpinan untuk
melimpahkan sebagian tugas dan
kewenangannya kepada pejabat bawahannya.
g.
Asas Keluwesan
Asas keluwesan menghendaki agar organisasi
selalu mengikuti danmenyesuaikan diri dengan perkembangan dan perubahan
keadaan, sehingga dapat dihindarkan kekakuan dalam pelaksanaan tugas.
h.
Asas Rentang Pengendalian
Dengan asas rentang pengendalian ini
dimaksudkan agar dalam menentukan jumlah satuan organisasi atau orang yang
dibawahi oleh seorang pejabat pimpinan, diperhitungkan secara rasional mengingat terbatasnya
kemampuan seorang pimpinan, atasan dalam mengadakan pengendalian terhadap bawahnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar