Rabu, 11 Juni 2014

Fungsi Administrasi dan Pelanggan Eksternal



Fungsi Adminitrasi
Menurut Quible ada lima yaitu:
a. Fungsi rutin: fungsi administrasi yang membutuhkan pemikiran minimal mencakup pengarsipan dan penggandaan.
b. Fungsi teknis; fungsi administrasi membutuhkan pendapat, keputusan dan ketrampilan perkantoran yang memadai.
c. Fungsi analisis: fungsi administrasi yang membutuhkan pemikiran yang kritis dan kreatif disertai kemampuan mengambil keputusan, seperti membuat keputusan pembelian.
d. Fungsi interpersonal: fungsi administrasi yang membutuhkan penilaian dan analisis sebagai dasar pengambilan keputusan serta ketrampilan yang berhubungan dengan orang lain seperti mengoordinasikan tim.
e. Fungsi manajerial: fungsi administrasi yang membutuhkan perencanaan, pengorganisasian, pengukuran dan pemotivasian.



Pelanggan Eksternal

Pelanggan eksternal (external costumer), adalah setiap orang atau kelompok orang pengguna suatu produk (barang/jasa) yang dihasilkan oleh perusahaan bisnis. Pelanggan eksternal inilah yang berperan sebagai pelanggan nyata atau pelanggan akhir.

Beberapa hal yang diinginkan pelanggan eksternal adalah:
1.      kesesuaian dengan kebutuhan akan produk
 2.harga yang kompetitif
3. kualitas dan realibilitas
3. pengiriman yang tepat waktu dan
4. pelayanan purna jual

Strategi dalam mewujudkan pelayanan prima:  (1) mengidentifikasi determinasi utama kualitas layanan, (2) mengelola ekspentasi pelanggan, (3) mengelola bukti kualitas layanan, (4) mendidik konsumen tentang layanan, (5) menumbuhkembangkan budaya kualitas, (6) menciptakan automating quality, (7) menindaklanjuti layanan, dan (8) mengembangkan sistem informasi kualitas layanan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar