Fungsi
Adminitrasi
Menurut Quible ada lima yaitu:
a. Fungsi rutin: fungsi
administrasi yang membutuhkan pemikiran minimal mencakup pengarsipan dan
penggandaan.
b. Fungsi teknis; fungsi
administrasi membutuhkan pendapat, keputusan dan ketrampilan perkantoran yang
memadai.
c. Fungsi analisis: fungsi
administrasi yang membutuhkan pemikiran yang kritis dan kreatif disertai
kemampuan mengambil keputusan, seperti membuat keputusan pembelian.
d. Fungsi interpersonal: fungsi
administrasi yang membutuhkan penilaian dan analisis sebagai dasar pengambilan
keputusan serta ketrampilan yang berhubungan dengan orang lain seperti
mengoordinasikan tim.
e. Fungsi manajerial: fungsi
administrasi yang membutuhkan perencanaan, pengorganisasian, pengukuran dan
pemotivasian.
Pelanggan Eksternal
Pelanggan
eksternal (external costumer), adalah setiap orang atau kelompok orang pengguna
suatu produk (barang/jasa) yang dihasilkan oleh perusahaan bisnis. Pelanggan
eksternal inilah yang berperan sebagai pelanggan nyata atau pelanggan akhir.
Beberapa hal yang diinginkan
pelanggan eksternal adalah:
1. kesesuaian dengan kebutuhan akan
produk
2.harga yang kompetitif
3. kualitas dan realibilitas
3. pengiriman yang tepat waktu dan
4. pelayanan purna jual
2.harga yang kompetitif
3. kualitas dan realibilitas
3. pengiriman yang tepat waktu dan
4. pelayanan purna jual
Strategi dalam mewujudkan pelayanan prima: (1) mengidentifikasi determinasi utama
kualitas layanan, (2) mengelola ekspentasi pelanggan, (3) mengelola bukti
kualitas layanan, (4) mendidik konsumen tentang layanan, (5) menumbuhkembangkan
budaya kualitas, (6) menciptakan automating quality, (7) menindaklanjuti
layanan, dan (8) mengembangkan sistem informasi kualitas layanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar