Rabu, 25 Juni 2014

Menerima Panggilan Telepon Masuk

Tujuan Menerima Panggilan Telepon Masuk
vMenanyakan Informasi,
vMemberikan Informasi,
vMemberikan Informasi, dan
vPersoalan  Pribadi.

7 Sikap Dalam Menerima Panggilan Telepon Masuk
1.Caring, yaitu memperhatikan mendengarkan dan mencatat semua isi pembicaraan penelpon.
2.Controlled, yaitu mampu menjaga dan mengontrol emosi pada saat penelpon marah.
3.Committed, yaitu merasa terkait dengan organisasi perusahaan, tidak melemparkan masalah dengan orang lain atau lepas tanggung jawab.
4. Confident, yaitu penuh keyakinan dalam mengatasi persoalan yang timbul.
5. Considerate, yaitu sikap persahabatan dan menjaga emosi penelpon .
6. Creative, yaitu kemampuan untuk menemukan cara yang efektif dalam bekerja.
7. Contagious, yaitu selalu memelihara keakraban, kegembiraan, kesejukan, dan kedamaian kepada penelpon.

Macam – Macam Panggilan Telepon Masuk
oPanggilan berupa keluhan pelanggan yang tidak puas.
oPanggilan dari pelanggan yang bersifat meminta informasi.
oPanggilan permintaan ingin berbicara dengan pimpinan.
oPanggilan yang bernada mengancam.

Langkah – langkah Menerima Panggilan Telepon Masuk
üMenyiapkan kertas dan alat tulis.
üJangan biarkan telepon berdering sampai 3 kali.
üBerbicaralah dengan nada yang enak didengar, agar bisa lebih akrab panggilan si penelpon dengan namanya.
üBerbicara di pesawat harus terdengar menyenangkan bagi lawan bicara.
üSimak semua pembicaraan dengan seksama dan penuh perhatian jangan berkali-kali memotong pembicaraan.
üHindari kata “apa” dan “hah” bila kata-kata penelpon kurang jelas.
üApabila ada pesan, catatlah dengan teliti semua pesan yang disampaikan penelpon segera sampaikan kepada yang berhak menerima pesan tersebut.
üApabila pihak penelpon ingin segera berbicara dengan pimpinan, segera perator telepon, resepsionis atau sekreataris meminta waktu sebentar untuk konfirmasi dengan pimpinan.
üAkhiri pembicaraan telepon dengan mengucapkan terimakasih dan salam penutup, biarkan penelpon yang meletakan gagang pesawat teleponya terlebih dahulu, setelah itu baru letakan gagang pesawat telepon Anda.

Hal – hal Yang Harus Dihindari Sekretaris Dalam Komunikasi 
Melalui Telepon :
Memakai bahasa informal, terutama kepada orang yang belum akrab atau belum tahu siapa orang yang berbicara,
Berbicara dengan orang lain selagi berbicara di telepon,
Berbicara sambil makan sesuatu atau mengunyah permen, dan
Berbicara terlalu banyak basa – basi.
Berbicara dengan nada kasar atau membentak.
Berbicara dengan memerintah.
Penelepon dibiarkan menunggu terlalu lama, tanpa penjelasan, hanya bunyi musik yang diperdengarkan.
Penelepon ditransfer berkali – kali atau ditransfer ke alamat yang salah.
Nada dan intonasi terkesan malas atau tak ramah.

Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Mencatat Pesan Telepon
Mencatat tanggal, waktu, nama lengkap penelepon, nama perusahan, nomor telepon, isi pesan untuk pimpinan, tanda tangan, penerima telepon.
Memindahkan segera ke lembar pesan telepon (LPT).
Meletakkank pesan telepon diatas meja orang yang dituju atau diatas meja pimpinan agar mudah dilihat.
Meletakkan pesan telepon tempatnya kembali.

     Berita Telepon

Hari, Tanggal  :........................................................
Waktu               :........................................................
Dari                    :........................................................
Perusahaan     :........................................................
Alamat              :........................................................
No. Telepon    :........................................................
Untuk                :........................................................
Pesan                :........................................................
                             :........................................................
                             :........................................................           
        Kendal,.....................................
       Yang menerima telepon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar